pasang iklan gratis. klik dibawah ini

Minggu, 04 Maret 2012

Wortel


Wortel merupakan salah satu sayuran yang sering kita jumpai. Banyak sekali masakan yang menggunakan sayuran ini seperti sup, salad, jus dll. Sebagaimana sayuran, wortel juga memiliki manfaat sendiri bagi tubuh kita. Didalam wortel mangandung banyak sekali zat yang diperlukan tubuh kita dan juga berkhasiat untuk mengobati beberapa pengakit. Salah 1 kandungannya adalah beta karoten yang mampu
mencegah kanker. Dalam 1 batang wortel terdapat 10,3 mg beta karoten. Study menunjukkan diet tinggi karotenoid dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan kanker. Wortel tua lebih banyak mengandung beta karoten dari pada wortel yang masih muda.

Khasiat Wortel :
a.       Baik untuk penglihatan dan imunitas, karena didalam wortel terdapat kandungan vitamin A yang cukup tinggi.
b.      Mencegah kanker, darah tinggi, menurunkan kadar kolesterol dan mengeluarkan angin dalam tubuh (masuk angin). Beta karoten dalam wortel lebih banyak dari pada beta karoten dalam bayam, kangkung dan caisim. Rata-rata beta karoten didalam wortel adalah 12.000 IU, dan kita dianjurkan oleh para ahli untuk mengkonsumsi 15.000-25.000 IU
c.       Mencegah rabun senja (rabun ayam). 
d.      Pectin dalam wortel dapat menurunkan kolesterol darah. Serat yang tinggi juga dapat mencegah terjadinya konstipasi. Dengan adanya kandungan kalium dalam wortel dapat membantu menetralkan asam dalam darah dan vitamin A membantu hati menghilangkan toksin dalam tubuh. Selain vitamin A terdapat juga vitamin C.
e.      Daun wortel juga berguna untuk mengobati batu ginjal dan radang selaput lendir kandung kemih. Sedangkan rimpang (akar) dapat mengobati cacingan, memelihara kesehatan mata, pencernaan dan mengobati luka bakar luar.
f.        Biji wortel dapat mengobati batu ginjal, disentri dan mencret.

Catatan:  Untuk mengetahui kandungan beta karoten dalam wortel bisa dilihat dari warna wortel. Wortel dengan warna oranye tua menandakan kandungan beta karoten tinggi. Semakin jingga warna wortel maka semakin tinggi pula beta karotennya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar