pasang iklan gratis. klik dibawah ini

Sabtu, 31 Maret 2012

Daftar Wakil Presiden Indonesia


Banyak sekali yang tau dan sangat hafal siapa presiden republik indonesia dari nomor satu samapi sekarang, tapi apakah ada yang tau dan hafal nama wakil presiden indonesia dari no 1 sampai sekarang, Dari Wikipedia bahasa Indonesia, saya terinspirasi karena jarang yang mengenal wakil presiden kita untuk menginformasikan siapa saja wakil presiden indonesia dari nomor satu sampai sekarang i
Untuk informasi mengenai lembaga kepresidenan Indonesia, lihat Presiden Indonesia.
Berikut merupakan daftar Wakil Presiden Indonesia.

No.
Wakil Presiden
Mulai menjabat
Selesai menjabat
Partai
Presiden
Periode
1
1
Lowong
-
Lowong
-
Soekarno
(Presiden RIS)
Assaat
(Pemangku Sementara
Jabatan Presiden RI)
-
Lowong[1]
-
Soeharto
(Pejabat Presiden)
2
2
Nonpartisan
3
3
4
4
5
5
6
6
7
7
8
-
Lowong[2]
-
8
9
9
10
10
11
Sedang menjabat
Nonpartisan
11
Catatan kaki
1.      ^ Jabatan Wakil Presiden Indonesia lowong pada 1956 ketika Hatta mengundurkan diri dari jabatannya karena selisih pendapat dengan Presiden Soekarno. Pada masa pemerintahan Soekarno, jabatan kedua tertinggi di Indonesia adalah perdana menteri (PM), dan setelah turunnya PM Djuanda dan beralihnya Indonesia ke sistem kabinet presidensial pada 1959, yang ada hanyalah jabatan wakil perdana menteri (Waperdam). Jabatan ini baru diisi kembali ketika Orde Baru berkuasa dengan diangkatnya Hamengkubuwana IX sebagai wakil presiden pada 1973.
2.      ^ Jabatan Wakil Presiden Indonesia lowong pada 1998 ketika Presiden Soeharto mengundurkan diri dan kemudian digantikan oleh Wapres B.J. Habibie. Karena UUD 1945 (sebelum diamandemen) tidak menjelaskan tentang kekosongan jabatan wapres, maka jabatan ini tetap dikosongkan. Jabatan ini baru diisi kembali ketika Megawati Soekarnoputri terpilih sebagai wapres mendampingi Presiden Abdurrahman Wahid pada 1999.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar