pasang iklan gratis. klik dibawah ini

Minggu, 06 Mei 2012

Evolusi Kehidupan


-          Tumbuhan yang mampu membuat makanan sendiri (dgn berhijau daun dan berclorophil) mampu mengambil energi dari matahari sendiri (Autotroph).
-          Hewan tidak dapat membentuk makan sendiri maka mengambil makanan dari mahluk lain (Heterotroph)
Mahluk – mahluk yang tidak sama tersebut harus berkompetisi untuk mencari makanan dan hidup . Darwin mengunakan hukum seleksi alam sebagai penyebab evolusi :
  1. Semua mahluk merjuang untukhidup
  2. Yang lestari ialah yang paling kuat
Sebagian orang yang berpengalaman beranggapan bahwa evolusi kehidupan terutama disebabkan karena mutasi .  Mutasi adalah Perubahan spesiaes yang agak meloncat yang disebabkan perubahan kromosom sel atau perubahan gen.
Petunjuk Evolusi dapat dilihat dari :
  1. Geologi dan palaentologi (Primer)
  2. Morfologi dan anatomi pembanding
  3. Reaksi fisiologis pembanding
  4. Penyebaran mahluk di muka bumi
  5. Embryologi

Sejarah Perkembangan mahluk hidup menurut Columbia Univercity
  1. Pada era Archeozoik tidak ada indikasi kehidupan di Bumi. Karena keadaan bumi masih cukup dingin . ada benua, samudra sungai dan gunung. Kira – kira 2 – 3,5 Juta tahun lalu belum ada fosil.
  2. Proterozoikum (Primer) : Zaman dimana hidup binatang bersel satu (Protozoa) beberapa fosil ditemukan tapi semuanya rusak dan kebanyakan tidak dapat ditentukan. Algae merupakan kehidupan yang umurnya 1000 – 1500 Juta tahun lalu.
  3. Palaezoikum (Primer) terbagi atas 6 massa :
    1. Kambrium umurnya 600 juta tahun permulaan banyak fosil yang dominan Trilobita dan Brachiophoda
    2. Ordovicum umurnya 500 juta tahun yang ditandai dengan munculnya jenis ikan , bangkitnya chepalopoda.
    3. Silur umurnya 440 juta tahun ditandai munculnya scorpio , hewan bernafas dengan insang , ikan mulai kurang, Krinioda banyak , Permulaan Amphibia, Koral .
    4. Devon umurnya 400 juta tahun , perkembangan ikan dengan kebangkitan semua golongan . Perkembangan hewan berpasangan . Permulaan ada hutan, permulaan amphibi danmelemahnya Trilobita.
    5. Karbon bawah umurnya 350 juta tahun . ditandai munculnya Hiu dan Krinoida banyak berkembang . Tumbuhan menjadi sangat banyak.
    6. Karbon atas umurnya 325 juta tahun , Munculnya reptile dan insekta pertama . Kulminasi tumbuhan Palaeozoik
  4. Mesozoik (sekunder) kira-kira umurnya 270 juta tahun terbagi 4 massa yaitu :
    1. Perm umurnya 270 juta tahun perkembangan banyak repti ganjil, punahnya trilobhita, kehidupan banyak berkurang pada akhir periode.
    2. Trias waktu 225 juta tahun ditandai dengan kenampakan Dinosaurus, Reptile berenang dan jenis mamalia . Perkembangan Cepalopoda beruas komplek.
    3. Yura waktu 180juta tahun ditandai macam-macam reptile berkembang . Burung nampak pertama kali, mamalia kecil mulai jarang
    4. Kreta waktu 135 juta tahun Kulminasi replitia jumlah besar .muncul Kerang terutama type oyster (Tiram) dan Kenampakan tumbuhan berbunga.
  5. Cenozoik ada 2 perode :
    1. Tersier waktunya 70 juta tahun lalu muncul manusia primitif . Tumbuhan modern sepanjang era . munculnya spesies Mulusca modern permulaan mamalia modern
    2. Kuarter waktu 2 juta tahun kehidupan Banyaknya manusia . Punahnya tipe mamalia primitif , perkembangan jenis mamalia modern.
1.      Sifat – sifat ordo primata termasuk homo sapiensi dan kelas mamalia dari sub filum vertebrata.
    1. Kebanyakan hidup di hutan dan memanjat
    2. Ibu jari dapat dikatupkan dengan jari yang lain
    3. Gigi primata adalah gigi pemakan segala
    4. Mata terletak di kedua belah samping kepala yang mengikinkan pandangan dengan sudut pandang yang luas karena mata tertuju kedepan.
    5. Kebanyakan mengenakan tangan dan kaki untk memegang sesuatu.
  1. Kera manusia dari Afrika
    1. Yang membedakan manusia dan kera adalah volume otak familia keratang terbesar adalah gorila 600 cc sedangkan volume tengkorak manusia modern yangterkecil adalah 900 cc tapi rata-rata manusia punya volume otak 1230 cc.
    2. Tulag dahi diatas mata kera sangat menonjol
    3. Dahi manusia membentuk sudut yang tegak dahi kera bersudut tajam
    4. Rahang bawah manusia membentuk dagu yang tajam rahang bawah kera tidak demikian.
    5. Tangan kera lebih panjang dari tangan manusia.
Di utara Afrika timur lembah Olduwai , Tanzania
-          Penemuan perkakas purba yang disebut kebudayaan olduwai ditemukan oleh Leaky  pada tahun 1931, perkakas tersebut terbuat dari batu yang bentuknya sangat primitif.
-           Fosil Hominit adalah fosil yang berupa kepala sejenis manusia bersama-sama dengan perkakas tersebut  ditemukan oleh Mary Leaky di analisa radioaktif batu – batuan  yang terdapat di lapisan tanah tepat ditemukan fosil tersebut ternyata umurnya lebih 2 juta tahun.
-          Setealh dibandingkan dengan ciri-ciri Australopithecus africanus dan Australopihtecus robustus karena umurnya lebih tua penemuan ini diakui sebagai jenis autralopithecus yang lain yang diberinama autralopithecus Boise , Boise di ambil dari nama Charles Boise sebagai propotor penggalian Leaky dan menyebutnya sebagai Homo Habilis karena manusia pembuat perkakas pertama.
-          Mary Leaky menemukan species umurnya 3,5 juta tahun diberinama Autralopithecus afarensis (Afar adalah tempat di Ethiopia tenpat ditemukan fosil tersebut).
Menurut Usianya fosil evolusi manusia dapat digambarkan sebagai berikut :
1.      Australopithecus afrarensis
2.      Australopithecus africanus
3.      Australopithecus Robustus
4.      Australopithecus Bosei
5.      Homo Habislis
  1. Homo Erectus 1920
1920 Eugene Duboise seorang dokter berkebangsaan belanda menemukan sisa tengkorak di trinil dekat Surakarta  Jawa Tengah diberi nama Pithecantropus Erectus artinya manusia kera yang tegak. Pada tangan tahun 1931 sampai 1941 ditemukan lagi oleh Duboise . Pada tahun 1941 Von Koningswald ahli antropologi bangsa jerman menemukan fosil yang lebih besar di daerah Trinil Surakarta Jawa Tengah dengan Nama Megantropus . Menurut Mary nama Pithecantropus Erectus adalah Homo erectus karena benar-benar homo (manusia)
Davidson Black guru besar astronomi kebangsaan Kanada melakukan penggalian di Gua Chou Kou Tien dekat Peking di mulai pada tahun 1927 ia menemukan fosil serupa dgn penemuan Deboise tapi lebih lengkap dengan volume otak 1000 cc yang terdahulu 914 cc yang menunjukkan mahluk itu bikan kera melainkan manusia.
- Penggalian dilanjutkan oleh Frans Wedenreich ditemukan hewanlain dan rusa di tempat yang sama yang dinamakan Sinantropus Pekinesis atau manusia peking       
  1. Manusia Nenderthal ditemukan fosilnya 1856 dilembah Nenderthal dekat Duseldorf Jerman th 1880 Darwin mengemukaan teori tentang asal usul manusia. Usia Neanderthal 75 000 tahun menghuni Eropa Ciri 2 :
  1. Tempurung kepala besar
  2. Otaknya sebesar otak manusia modern tapi bentuknya yang berbeda
  3. Tempurung lebih rendah dan agak menonjol ke belakang dan kesamping.
  4. Raut muka bercirikan rahang yang kekar
  5. Dagu mengarah kebelakang
  6. Pipi lebih lebar dengan tonjolan yang mencolok melengkung diatas mata sehingga membentuk tampang berkening tebal
  7. Tinggi kurang dari 1,70 meter berbadan kekar bertugkai kuat dan agak melengkung.
  8. Hidup 35000 s/d 40000 tahun lalu.

Di gunung Carmel, Israel di ditemukan manusiamodern dengan ciri berbeda dgn Neanderthal adalah : Tulang kening yang tidak menonjol benar sedangkan bagian kepala belakang nya berbentuk lebih membulat . Kerangka yang ditemukan wanita dikenal dengan kerangka wanita tertua th 1931.
Th 1957 di goa Sanidar , Irak ditemukan kerangka manusia untuk usia 45000 th ciri :
-          Tubuh lebih pendek dari orang Nenderthal
-          Mirip dengan manusia cromagnon
-          Mereka sudah mengenal seni terbukti dengan adanya gambar pada tulang dengn bentuk gambar tertentu.
-          Sudah mengenal mengubur saudara / sesama mereka yang meninggal
-          Manusia Nenderthal telah mengunakan akal, intelegensi dan perasaanya mereka disebut juga Homo Sapiens paling purba.

  1. Manusia modern (kurang lebih 75000th)
Manusia penganti manusia nenderthal di sebut Manusia Cromagnon diketahui dari fosil yang ditemukan tah 1868 di Pancis. Dengan ciri  sbb :
-          manusia Cromagnon lebih pendekdari pada manusia modern
-          Kepala lebih besar, dagu lebih menonjol , hidung  mancung gigi kecil dan rata muka lebar kuat
-          Lukisan dan ukiran ditemukan di goa Prancis
-          Ditemukan perhiasan yang terbuat dari tulang,gigi, rumah siput.
-          Mereka sdh membuat senjata untuk berburu,perakakas untuk memotong dan menjahit kulit jadi pakaian
-          Disamping di Gua mereka dapat membuat rumah , kemah, dan tempat karena persediaan makanan di daerah itu sdh habis.
-          Adanya desa yang pertama kalidi delta sungai nil, membentang sampai Pakistan, Syria, Turki, Irak.
 Teori Evolusi
    1. Teori Lamarch
Teori Lamarch ilmuwan Prancis membidangi Botani berpendapat bahwa Evolusi disebabkan karena Adaptasi Sifat-sitaf baru didapat atas pengaruh lingkungan yang di teruskan pad aketurunannya
Contoh : Jerapah berleher pendek akan mati karena tidak dapat makan dan jerapah yang berleher panjang mampu bertahan hidup karena makanan terletak di pohon yang tinggi.
    1.  Teori darwin
Darwin menganggap perubahan panjang leher jerapah disebabkan oleh seleksi alam ,jerapah berleher pendek akan punah dan jerapah leher panjang akan bertahan hidup
Darwin menulis 2 teori
1.species yang hidup sekarang berasal dari spesies yang hidup di masa  lampau
2.Evolusi terjadi melalui seleksi alam.
    Species adalah: Suatu jenis organisme yang mempunyai hubungan struktural dan fungsional yang sama.
Seleksi alam terjadi karena berbagai sebab:
1.Adanya variasi(sifat gen pembawa)
Tidak ada 2 Individu yang mempunyai sifat yang benar2 sama dalam species terdapat variasi yang berarti akan selalu terbentuk variasi baru dari hasil keturunannya.
                        2. Over produksi
Adanya kecenderungan berkembang biak terus dengan populasi yang sangat besar
3 Strunggle for existence
    Adanya perjuangan species untuk bertahan hidup
                        4. Enheritance of Variations
Individu-individu yang sesuai dengan lingkungannya saja yang akan dapat mempertahankan kelangsungan hidup.
                        5. Survival of the fitest
    Individu yang kuat yang dapat bertahan hidup.
    1. Teori Darwin Weisman
Weisman melengkapi teori Darwin dengan pernyataan sbb:
                        1.Evolusi merupakan masalah genetika yaitu menyangkut masalah bagaimana 
    diwariskannya gen-gen melalui sel-sel kelamin.
                        2.Sel-sel tubuh tidak dipengaruhi oleh lingkungan ,jadi evolusi adalah gejala                                         terhadap faktor genetika.

    1. Teori De Vries
Botanikus Belanda botani yaitu bahwa perubahan evolusi disebabkan oleh adanya mutasi dari gen.
Mutasi adalah perubahan sempurna yang timbul dalam gen yang mengakibatkan perubahan sifat pada keturunannya,ia memadukan teori mutasi dengan teori darwin menjadi sbb:
1.      Organisme dengan ciri pembawaan yang baru tampak dengan segera.
Ciri pembawaan yang baru ini merupakan hasildari perubahan atau mutasi di dalam gen.
2.      Mutasi dapat membuat organisme terpengaruh atau tidak terpengaruh
Oleh lingkungan.              
3.      Sebagai hasil dari seleksi alam organisme dengan mutasi yang lebih baik kebanyakan dapat hidup lebih lama
4.      Sejak hasil mutasi dapat diturunkan, perubahan perubahan dapat diharapkan akan berlangsung terus dan species dengan sifat yang baru akan terus terbentuk.    


  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar